Kata-Kata Bijak Bung Karno yang Inspiratif

Kata-Kata Bijak Bung Karno yang Inspiratif

Diposting pada

Kata-Kata Bijak Bung Karno yang Inspiratif – Sebagai rakyat Indonesia kita tentu mengenal Bung Karno sebagai bapak proklamator Indonesia. Bukan hanya karisma yang beliau miliki, namun juga kata-kata inspiratif yang hingga sampai saat ini masih menggunggah semangat menjadikan inspirasi untuk menuangkan kembali dalam bahasan kali ini. Mari simak kata-kata bijak Bung Karno yang inspiratif dibawah ini.

Kata-kata bijak Bung Karno yang inspiratif memang menjadi ciri khas beliau selain daripada karisma yang dimilikinya. Orasi yang begitu membangun dan membakar semangat rakyat Indonesia untuk lepas dari penjajahan menjadi salah satu bukti bahwa Bung Karno adalah sosok yang begitu berpengaruh.

Nah, untuk kembali menyegarkan semangat kita dalam menjalani kehidupan ini. Maka dibawah ini mari kita simak kata-kata bijak Bung Karno yang inspiratif. Ingin tahu seperti apa? Simak dibawah ini informasinya. Baca juga: Kata Mutiara Motivasi Bangkit dari Kegagalan Hidup

Kata-Kata Bijak Bung Karno yang Inspiratif

Ada cukup banyak rangkaian kata-kata bijak Bung Karno yang inspiratif yang mungkin dapat membangkitkan semangat kita dalam memperjuangkan kehidupan ini. Ingin tahu seperti apa saja? Maka simak beberapa kata mutiara dibawah ini.

Apabila dalam Diri Seorang

Kata-Kata Bijak Bung Karno yang Inspiratif

Perasaan malu menjadi hal yang manusiawi terdapat dalam diri seseorang. Begitupun dengan rasa takut yang dirasakan ketika hendak melakukan suatu hal. Akan tetapi, menempatkan rasa malu dan takut seharusnya disimpan pada tempatnya. Jangan sampai ketika kita hendak berbuat kebaikan kemudian perasaan malu ini muncul dan disertai dengan rasa takut.

Sebab kebaikan adalah hal yang seharusnya ada dalam diri manusia. Ketika seseorang mampu berbuat baik untuk dirinya sendiri dan orang lain maka kesuksesan akan semakin dekat dengan genggamannya. Hanya saja, anda perlu menghilangkan perasaan takut itu sendiri.

Kekuasaan yang Langgeng

Kata-Kata Bijak Bung Karno yang Inspiratif

Dalam sebuah pernyataannya bahkan seseorang yang penting sekelas Presiden pertama Bung Karno pernah menyatakan bahwa tidak ada kekuasaan yang abadi. Beliau menyinggung bahwa kekuasaan yang sesungguhnya berada di tangan rakyat dan diatas segalanya kekuasaan yang abadi hanyalah milik Tuhan yang Maha Esa.

Pelajaran moral yang penting untuk kita pelajari adalah sebagai seorang manusia kita tidak memiliki kekuatan apapun. Bahkan keabadiaan sejatinya hanyalah milik Tuhan semata. Jadi jangan pernah mengharapkan sesauatu yang bahkan melebihi kekuatan Tuhan.

Gantungkan Cita-Citamu

Kata-Kata Bijak Bung Karno yang Inspiratif

Sebuah cita-cita adalah istilah lain dari sebuah tujuan didalam hidup. Cita-cita adalah apa yang akan menuntun kita dan membimbing seseorang menjalani kehidupan ini. Ketika seseorang memiliki tujuan maka tentu kehidupan mereka akan senantiasa lebih terarah dibandingkan dengan mereka yang tak memiliki tujuan.

Untuk itulah, dalam membuat tujuan didalam hidup maka haruslah suatu yang jelas. Untuk itu, gantungkan cita-citamu setinggi langit. Meskipun nantinya anda menghadapi kegagalan ketika anda jatuh setidaknya anda ada diantara bintang-bintang.

Jangan Melihat Masa Depan dengan Mata Buta

Kata-Kata Bijak Bung Karno yang Inspiratif

Dipungkiri atau tidak terkadang masa lalu penting untuk kita jadikan cerminan dan motivasi dalam meraih masa depan. Karena terkadang untuk bisa mewujudkan sesuatu dalam hidupnya seseorang akan butuh motivasi untuk bisa melakukannya.

Nah, untuk itulah menapaki masa depan maka belajarlah dari apa yang sudah terjadi di masa lalu. Jadikan semuanya pelajaran berharga dimana kesalahan tidak kita lakukan lagi di masa saat ini. Jadikan setiap kegagalan adalah cambuk untuk anda menggapai kesuksesan anda di masa depan.

Rasa Kebangsaan

Kata-Kata Bijak Bung Karno yang Inspiratif

Rasa kebangsaan dalam suatu negara menjadi hal yang penting dimana hal ini akan menjadi poin yang mempersatukan anda dengan orang lain. Apalagi Indonesia dikenal sebagai negara dengan penduduk yang memiliki banyak perbedaan karena dibagi atas banyak pulau.

Namun ketika seseorang memiliki tujuan yang sama dan menjunjung tinggi kebangsaan maka perbedaan bukan menjadi penghalang untuk bersatu dan maju. Namun sebaliknya, hal ini akan menjadi ciri yang unik dari bangsa Indonesia yang akan senantiasa merdeka dan bersatu.

Perjuanganku Lebih Mudah

Kata-Kata Bijak Bung Karno yang Inspiratif

Dalam salah satu orasinya Bung Karno pernah menyinggung mengenai perjuangan. Bahkan perjuangan yang beliau lakukan mungkin lebih mudah sebab yang beliau lawan adalah para penjajah. Namun perjuangan yang lebih sulit adalah ketika perjuangan tersebut adalah melawan bangsa sendiri.

Inilah yang mungkin terjadi di Indonesia saat ini ketika banyak masyarakat pribumi yang dengan jelas dan kentara mengacungkan pedangnya sendiri melawan bangsa yang melahirkan mereka.

Sungguh sebuah kondisi yang miris dan ironis ketika tanah ini dimerdekakan dari perjuangan banyak darah dan keringat. Kita saat ini banyak menumpahkan darah diatas bangsa yang dibangun karena perjuangan yang berdarah-darah. Semoga Indonesia kembali mendapatkan kedamaian dengan persatuan yang khas sebagaimana sediakala.

Bangunlah Satu Dunia

Kata-Kata Bijak Bung Karno yang Inspiratif

Perdamaian adalah kunci dari menikmati hidup yang nyaman meski berdampingan dengan banyak orang yang memiliki banyak perbedaan. Sayangnya, tidak mudah meraih perdamaian ketika orang lain mudah sekali terprovokasi dengan hal-hal kecil. Sekali sulut, amarah mereka bisa memuncak dengan dalih membela negeri dengan mudah mereka tumpahkan darah.

Padahal nasionalisme tidak dibangun dengan menumpahkan darah orang lain. Namun perdamaian yang lahir dari sikap saling menghargai satu dengan yang lainnya. Maka dari itu, wahai saudaraku bukankah menghargai itu indah? Bukankah perdamaian itu menetramkan? Jangan buang sia-sia amarahmu hanya demi kepentinganmu dan orang-orang disekelilingmu saja.

Bangsa yang Tidak Percaya Pada Kekuatan Dirinya Sendiri

Kata-Kata Bijak Bung Karno yang Inspiratif

Indonesia tidak akan pernah menjadi negara merdeka seperti saat ini bila rakyatnya tidak percaya pada kekuatan mereka sendiri. Meski berjuang hanya dengan sebilah bambu melawan senapan dan meriam yang kejam. Namun hal ini tidak menghalangi perjuangan masyarakat Indonesia dalam memerdekakan bangsa mereka sendiri.

Dari keyakinan ini kemudian lahir semangat juang yang besar untuk menghentikan segala bentuk penjajahan sehingga pada akhirnya kita bisa menjadi negera merdeka seperti saat ini. Maka dari itu, percaya dan yakin pada kekuatan sendiri maka keberhasilan menanti kita didepan mata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *